Perahu Kertas

“Hari ini aku bermimpi.
Aku bermimpi menuliskan buku dongeng pertamaku.
Sejak kamu membuatkanku ilustrasi-ilustrasi ini,
aku merasa mimpiku semakin dekat.
Belum pernah sedekat ini.
Hari ini aku juga bermimpi.
Aku bermimpi bisa selamanya menulis dongeng.
Aku bermimpi bisa berbagi dunia itu bersama kamu dan ilustrasimu.
Bersama kamu, aku tidak takut lagi menjadi pemimpi.
Bersama kamu, aku ingin memberi judul bagi buku ini.
Karena hanya bersama kamu, segalanya terasa dekat,
segala sesuatunya ada, segala sesuatunya benar.
Dan Bumi hanyalah sebutir debu di bawah telapak kaki kita.
Selamat Ulang Tahun.”



Ini adalah surat Kugy untuk Keenan di dalam novel Perahu Kertas karangan Dee. Surat ini dituliskan bersama dengan karya buatan tangannya yaitu tulisan dongeng anak-anak buatan Kugy dengan tempelan ilustrasi buatan Keenan. Kugy tak kunjung menyampaikannya hingga bertahun-tahun setelah ia membuat karya itu.
Surat ini merupakan bagian favorit saya dalam buku terbitan Bentang Pustaka ini. Karena walaupun tidak ada kata-kata “I love you” di dalamnya, menurut ini adalah surat cinta yang begitu indah disampaikan oleh seseorang yang begitu boyish dan cuek seperti Kugy.
Memang kasih sayang tidak perlu diungkapkan secara gamblang untuk diketahui orang lain.
Saya dapat mengetahui bahwa Kugy merasa akhirnya sudah menemukan jawaban atas segala pertanyaan dan permintaan yang mungkin ia tidak sadar telah bertanya dan meminta. Ia merasa dapat meraih mimpinya ketika bersama Keenan.

Mungkin seperti itulah yang saya rasakan saat ini. Tidak yakin apakah ia benar-benar orang yang tepat untuk saya dan apakah saya benar-benar orang yang tepat untuknya. Tidak tahu apakah yang akan orang-orang katakan mengenai kami, dan tidak tahu apa yang akan menghadang kami di depan nanti. Namun seperti yang juga dikatakan dalam buku ini;
“Hati tidak perlu memilih. Ia selalu tahu ke mana harus berlabuh.”
Dan meskipun saya sangat menyukai kisah kasih Kugy dan Keenan, saya masih lebih menyukai kisah kasih saya dengannya.
Meskipun mungkin ia tidak membaca tulisan ini, saya harap rasa sayang saya tersampaikan entah bagaimana caranya. Selamat hari kasih sayang lebih awal, Sayang! ;)

Comments

Popular Posts