Skincare Fever!

Yellow! 




Waw udah 2021 aja. Dan baru sadar dong post terakhir tuh tahun lalu. Ya ampun, masa setahun cuma nulis blog sekali? Benar-benar yah, pandemi bikin gak produktif… But it’s okay! Walaupun masih pandemi, semoga di tahun 2021 ini bisa lebih sering ngepost di blog deh. 

Nah, kali ini aku mau bahas salah satu hal yang aku suka banget: Skincare! 

I once tweeted in my Twitter account (in 2020) that I felt so grateful that I've been using the right skincare without spending too much for dermatologists to have my skin like this. 

September 2020 (no filter, no edit, only crop)
September 2020 (no makeup, no filter, no edit, only crop) 

December 2020 (no filter, no edit, only crop)
December 2020 (no makeup, no filter, no edit, only crop) 

Aku sempet pengen bikin thread tentang skincare. Tapi daripada aku bikin thread di Twitter yang emang sengaja aku private dan gak banyak yang liat, aku post di blog aja yegak? Abisnya tetep pengen sharing, kan siapa tau berguna buat memotivasi kamu untuk lebih prioritasin kesehatan kulit 😊 

Ini beberapa caraku biar dapet skincare yang cocok: 

1. Googling! 

Mau baca sebanyak apa, aku tetep orang awam. Tapi cari artikel yang valid yak. Di websitenya paula's choice sih sepertinya oke. Atau website yg ilmiah gitu(?), maksudnya jangan dari blog orang gak jelas. 

2. Know your skin type! 

Kulit muka kamu normal? Atau kombinasi? Atau berminyak? Sensitif gak? Cara taunya gimana? Balik ke nomor 1. 

3. Cari tau efek ingredients di kulit kamu. 

Kalo emang udah tau satu bahan tuh gak cocok ya jangan dilanjutin, no matter how pricey the makeup/skincare is. Banyak yang bilang ngobatinnya bisa lebih mahal lho. Aku sih gak mau ngalamin. Kek banyak duit aja gue 🙄 

4. Cari tau kulit kamu kurangnya apa. 

Apa yang kamu gak suka dari kulit kamu? Mungkin kamu mikir, gak bagus ya nyari-nyari kekurangan di diri kita. Tapi kalo untuk di-improve mah kenapa engga? Kalo bikin jadi minder tuh yang salah (Ya walaupun sesekali aku tetep ngerasa insecure sih). 

5. Nontonin review orang. 

Jangan lupa pastiin orang ini skin type dan skin problem-nya sama kayak kamu. Reviewer yang bener pasti ngasih tau dulu at least skin type-nya apa. Tapi kalo kamu penasaran aja sih ya gapapa juga nonton review orang yang skin type-nya beda sama kamu. 

6. Nyoba berbagai skincare demi dapet yang cocok. 

Yang ini mungkin mirip sama yang nomor 3. Mau gimana pun, tetep gak bisa terlalu percaya apa kata orang. Tertarik boleh, tapi sampe produk itu kamu rasain sendiri, jangan terlalu mengagung-agungkan suatu produk atau brand ya. 

7. Nabung! 

Kalo orang lain spend money buat beli baju-baju, makeup, album kpop... aku mending beli skincare. (Walopun kadang tetep spend buat baju dan makeup dong tentunyaaa) 


Dulu zaman SMP-SMA aku jerawatan. Aku gatau deh itu fungal acne atau acne apa namanya, tapi kayak bruntusan di dahi, area rahang, dan dagu gitu. Iseng nyoba produk tea tree dari The Body Shop yang ini. Eh ternyata cocok! 

Fyi, aku sering ngobrolin skincare sama kakakku yang cewek. Tapi skin type kami beda banget. Dia dry, sementara aku oily. Dia ga cocok banget pake tea tree dan selalu avoid produk yg mengandung tea tree. Sementara aku, karena cocok pake facial wash-nya, aku nambah pake moisturizer/lotion juga yang ini. Dan cocok bgt! Dari yang dulunya sering banget pake oil paper, sampe jadi jarang pake. 

Pas kuliah aku belum terlalu into skincare. Malah lagi demen banget makeup-an. Skincare sebatas facial wash sama moisturizer aja. Bahkan sunscreen aja engga. Pas kuliah tahun-tahun akhir baru deh mulai penasaran sama skincare. Mulai baca-baca pentingnya pake sunscreen, kenapa muka oily tetep butuh moisturizer, dll. Seneng juga pas akhirnya kerja, dapet duit sendiri, jadi makin bisa nabung buat beli skincare hehehe 

Dari hasil googling dan pengalaman, menurutku yang paling penting itu: 

1. Sunscreen 
2. Facial wash 
3. Moisturizer 
4. Exfoliation 

Cukup 4 produk aja kok sebenernya. Ini kalo kulit kamu gak ada problem apa pun ya. Kalo setelah pake 4 produk itu kulit kamu masih berasa kering, coba tambahin yang buat hydrating. Atau kalo dari 4 itu masih sering jerawatan, mungkin bisa tambahin cleansing-nya. Bukan facial wash doang, tapi micellar water juga. 

Ok, here's my skin type journey: 

2006-2012: oily, acne prone 
2013-2018: oily 
2019-now: combination 

Kenapa bisa gini? 
Treatment/skincare, makeup, hormones, stress itu semua ngaruh sama kulit. Jadi bukan semata-mata karena produk yang aku pake. 

Untuk saat ini, berikut produk-produk yang aku pake: 

Makeup remover: Good Virtues. Co – Purifying Makeup Remover 
Facial wash: Pixy - White Aqua Gentle Facial Wash (atau kadang Bulldog Skincare - Oil Control Face Wash) 
Physical Exfoliation (facial cleansing device): Foreo Luna 2 Sensitive Skin (nyolong dari kakak) atau kadang pakai scrub: Tatcha - The Deep Cleanse Exfoliating Cleanser 
Chemical Exfoliation (AHA/BHA): The Ordinary – Glycolic Acid 7% (atau kadang The Ordinary AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution) 
Toner: COSRX – Full Fit Propolis Synergy Toner 
Essence: COSRX - Galactomyces 95 Tone Balancing Essence 
Hydrating Serum: SNP - PREP Peptaronic Serum 
Other Serum: The Aubree – Niacinamide Skin Booster 
Moisturizer: Huxley - Secret of Sahara Cream Anti- Gravity (atau kadang The Body Shop - Tea Tree Hydrator) 
Sunscreen: For Skin’s Sake - Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++ 
Hydrating/setting spray: Pixy - Aqua Beauty Protecting Mist (atau kadang Tatcha - Luminous Dewy Skin Mist) 
Sheet mask: Mediheal, Faith in Face, Pixy, The Body Shop 
Lip scrub: Sensatia Botanicals - Pouty Lips Sugar Lip Scrub 
Lip balm: Utama Spice – Peppermint (dan yang aku bawa ke mana-mana: For Skin’s Sake – Buttered Organic Lip Balm Unscented) 

Disclaimer: Ini mungkin aja bisa berubah ya sewaktu-waktu. 

My skincare and makeup space
My organized yet messy makeup & skincare space 


Jujur, agak ribet dengan muka kombinasyong ini ya. Berminyak iya, kering juga iya… Komplet banget kan tuh? Tapi sekarang udah jaraaang banget jerawatan (kecuali pas mau menstruasi). Jadi seneng juga aku tuuu hehehe 

Mungkin nanti aku akan review satu per satu produk skincare yang udah aku mention di atas. Karena aku bukan expert, mungkin lebih ke claim-nya gimana dan yang aku rasain di kulit aku gimana. Kayak misalnya untuk facial wash, aku ngerasa yang aku pake sekarang tuh biasa aja sih. Beda sama yang pas pake The Body Shop - Drops of Light Brightening Cleansing Foam yang aku suka banget. 

Which one do you want me to review first? Leave your comment below! 

Anyway, thanks for reading this long post. 

Ciao!

Comments

Popular Posts