Jangan Menyerah (Dulu)!

Saya mahasiswa S1 berusia 22 tahun di sebuah universitas di Jakarta. Sudah hampir 4,5 tahun saya mengenyam pendidikan di universitas ini. (Lama juga yes...)
Di saat teman-teman udah pada nge-post foto selesai sidang skripsi dengan balon-balon, bunga, selempang, dan mahkota atau wisuda dan cum laude atau meraih IPK tertinggi, atau kerja di perusahaan besar jadi budak korporat...
saya masih gini-gini aja.


Saya masih kuliah 4 hari dalam seminggu, saya masih kuliah 3 kelas di hari Sabtu, ga ngerasain yang namanya TGIF (Thank God It's Friday!), saya masih tidur subuh buat belajar dan ngerjain tugas (sekaligus nulis blog) dan paginya bangun jam 5 untuk kuliah jam 7 atau jam 8 untuk kuliah jam 10, saya masih nunggu 6 jam di kampus atau mall karena jeda kelas kejauhan, saya masih suka nyari-nyari cafe atau restoran enak di Jakarta untuk jadi tempat belajar supaya ga jenuh (walaupun akhirnya tetap jenuh).


Bosen? Pastinya.
Lelah ditanyain orang-orang? Apalagi.

Kalau ditanya kenapa ga lulus-lulus, well... karena saya ga suka bidang ini. Dan memang bagi saya sulit banget untuk mempelajari sesuatu yang saya ga suka. Sulit banget sampai-sampai setelah belajar keras, saya bisa nge-blank aja gitu pas ujian. Rasanya pengen pake roti buat menghafal punya Doraemon... Saya ga mau sih nyalahin keputusan saya (yang emang salah) dalam memilih jurusan saat berusia 18 tahun dulu. Saya belum terlalu memikirkan ke depannya gimana. Tapi sekarang saya berada dalam tahap di mana saya hanya ingin menyelesaikan apa yang saya mulai supaya setelah itu saya bisa mengejar mimpi-mimpi saya.

...hmm, jawaban singkatnya sih karena saya aja yang bego ga nangkep-nangkep logikanya. *senyummiris*
Me trying to fix my grade

Kalau kamu bernasib sama seperti saya pasti ngerti banget ya gimana rasanya ditanyain pertanyaan "Kok masih ke kampus aja sih?" atau "Tapi udah skripsi kan?" atau percakapan seperti:
Temen: "Jumat malem jalan yuk!"
Z: "Males ah, besoknya gue kelas pagi."
Temen: "Hah seriusan banget? Jam berapa?"
Z: "Jam 7."
Temen: @^%$#!!

Hemm oke, mungkin yang ini ga ada yang sama ya, mungkin emang fakultas saya aja yang kejam :')

Sebenarnya sebagian teman-teman dan keluarga kamu ga berniat ngeledekin kamu kok dengan menanyakan pertanyaan ini. Beberapa dari mereka memang beneran peduli. Yaa walaupun ada aja yang cuma iseng nanya, ga jelas tujuannya apa.

*PEDIHHATIINI*

Jadi, gimana sih cara menjawab pertanyaan-pertanyaan innocent yang sebenarnya cukup menyayat hati ini? Ini tips buat kamu!

1. "Mudah-mudahan semester depan."

Mungkin kamu sering dengar usulan jawaban "Nanti di waktu yang tepat" untuk menjawab pertanyaan di atas. Ga salah sih, tapi jawaban ini malah akan bikin kamu di-cie-in dan ngerasa makin diledekin. Lebih baik jawab aja "Mudah-mudahan semester depan." Gak masalah kalau semester depan mereka ketemu kamu lagi di kampus. Kan mudah-mudahan. Inginnya sih begitu. Tapi kan belum bisa. Ga bohong dong. #ngeles

2. "Doain aja yaa..."

Ini jawaban yang bisa kamu berikan kalau ditanya sama keluarga atau sanak saudara di acara keluarga besar entah saat Lebaran, Lebaran Haji, Natal, atau apapun deh. Soalnya jawabannya halus, ga terdengar ketus, dan mau ga mau mereka akan otomatis ngedoain kamu cepet lulus. Aaamiiinn...

3. "Kalo kamu sendiri kapan?"

Balik nanya hanya berlaku buat pertanyaan dari temen kamu yang iseng ngeledekin kamu. Jangan balik nanya saat ditanya sama om atau tante atau nenek atau mama kamu ya. Itu sih cari mati namanya.

4. Tarik nafas dalam-dalam, hembuskan, lalu senyum!

Eh, ya ga usah persis kayak gambar di atas juga sih, itu mah awkward.
Tapi kalo kamu udah lelah banget, lagi hectic, dan ga mood menanggapi, silakan lakukan hal ini lalu pergi! Mereka pasti mengerti kok. Mudah-mudahan.


Nah, mungkin ada juga yang orang tuanya ingin anaknya menyelesaikan studi walaupun ga sesuai minat. Kalo orang tua kamu seperti itu dan kamu ingin membahagiakan mereka dengan mengikuti keinginan mereka, ya jangan buru-buru ngerencanain pindah jurusan atau pindah kampus. Kalo kamu udah punya komitmen untuk menyelesaikan studi kamu, ya tentunya kamu harus terus berusaha dong! Jangan menyerah (dulu)! Jangan lelah dulu sama yang namanya baca buku pelajaran atau ngerjain PR. Tanamkan di pikiranmu kalau kamu pasti bisa! (Amiin..)

Kalo kamu ngerasa hidup kok kayaknya banyaaak banget rintangan, jauhin tuh pisau, gunting, silet, garpu, piring... Mending inget-inget ini aja ya:

Comments

  1. hahahaha parah, miris bacanya.. soalnya gue banget.. ahahhaa
    lo baru 4,5 tahun.. lah gue udah 5,5.. ahahha
    walao bgimaanapun, kita harus selesaikan yg sudah kita mulai.. ya kann..? :D . Tetap smangat yes !!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts